Ramadan Perdana

Syofni Erita

Pembelajar dari Kota Bukittinggi

Alhamdulillah tahun 2024 adalah Ramadan perdana saat masa pensiun. Ramadan dimulai 11-03-2024. Program secara umum adalah berpuasa di bulan Ramadan, membaca Al-Quran, tarwih, witir, sedangkan kewajiban yang rutin tetap dilaksanakan.

Membaca Al-Quran, insya Allah khatam selama Ramadan. Perlu dibuat rincian membaca Al-Quran dengan cara; menghitung jumlah halaman Al-Quran. Juz 30 berakhir di halaman 604. Doa. Mari kita hitung, juz 1 ada 21 halaman, bearti ini target minimal, kalau lebih, bagus banget. Setelah diperhatikan dan mengingat pengalaman masa lalu, jadi saya membaca Al-Quran saat selesai shalat malam, diteruskan setelah Mapara, setelah Luhur, sebelum berbuka, setelah tarwih, dan diusahakan khatam 1 jus sebelum tidur. Di halaman terakhir ada doa mengkhatamkan Al-Quran dan panduan tajwid.

Selama Ramadan saya mengikuti Mapara (MataharI Pagi Ramadan) yang digagas oleh Prof. Imam Robandi yang diadakan setelah shalat shubuh pukul 05.00-06.00 WIB. Program Mapara sudah selesai dibuat oleh Panitia Mapara IRo-Society yang sebagai General Chair adalah Ustadz Munali di bawah arahan Sensei kita Prof. Imam Robandi. Alhamdulillah saya mempersiapkan diri untuk selalu mengikuti Mapara, walaupun harus keluar sebentar meninggalkan zoom karena bertepatan dengan waktu Shubuh di Kota Bukittinggi. Mapara 3 ini kami dari grup SUAAI yang terdiri dari Syofni, Umi, Aas, April, dan Izzuki sudah mempunyai program untuk membuat buku Mapara 3. Insya Allah terbit tahun ini.

Banyak ilmu dan pengalaman yang kita peroleh dari Mapara dengan berbagai pemateri dan yang paling istimewa adalah motivasi dari Prof. Imam Robandi sebagai Founder IRo-Society agar para santri selalu berkarya dan berkarya. Terima kasih Prof. Imam Robandi, sehat dan sukse selalu.

Bukittinggi, 16-02-2024, diedit tanggal 31-03-2024

3 Comments

  1. Amak…semakin keren aja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *